On-demand Streaming

Secara harfiah streaming berarti pengaliran atau mengalirkan. Dalam dunia internet, streaming atau media streaming lebih mengacu pada sebuah teknologi “server-klien” yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara Real-Time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital berupa video, suara dan data agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim oleh pihak penyedia layanan (server) dan diterima serta ditampilkan secara Real-Time oleh aplikasi pada perangkat pengguna (klien).

Media streaming sendiri terbagi menjadi dua, live dan on-demand. Keunggulan live streaming merupakan siaran langsung yang disiarkan kepada semua orang pada waktu bersamaan sesuai dengan kejadian sesungguhnya. Sementara kekurangannya terletak pada pihak pengguna hanya bisa menerima apa yang disiarkan oleh pihak penyedia layanan.

Bisa dibilang berbanding terbalik, kekurangan on-demand streaming adalah bukan merupakan live event, namun metode ini unggul dalam hal interaksi dengan pengguna dimana mereka bisa memilih konten apa yang ingin mereka tonton atau dengarkan.

Keunggulan dan kekurangan kedua metode streaming ini, bisa dibilang, disesuaikan dengan tujuan pihak penyedia layanan. Dan keunggulan konsep on-demand streaming, yang memungkinkan pengguna memutar lagu-lagu sesuai dengan pilihan dan keinginan mereka, menjadi konsep dasar WolvCast.


Graffiti

Selain memiliki fungsi utama on-demand streaming musik indie Indonesia, WolvCast juga dilengkapi dengan fitur media sosial bernama Graffiti. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi teks, foto atau komentar kepada seluruh pengguna lain, serta berbagi lagu yang mereka dengarkan di WolvCast.

But remember, Graffiti have motto "bitching artistically," you know what that means.

feat.

Fitur tambahan paling baru dimana pengguna bisa feat (mention) teman-teman mereka saat posting Graffiti. Masing-masing teman yang termasuk dalam list feat. akan mendapatkan notifikasi.


Howler

real-time chat gratis untuk pengguna WolvCast.

Howler menerapkan konsep 1 on 1 private chat yang memungkinkan pengguna berbincang-bincang atau berbagi foto dengan pengguna lain.

Friends List

Pengguna bisa menambahkan pengguna lain dalam friends list, baik melalui fitur pencarian berdasarkan username/email atau langsung melalui halaman profile mereka. WolvCast menambahkan fitur friends list khususnya untuk Howler, namun list teman ini juga memiliki fungsi bagi Graffiti, khususnya fitur feat.


IndieCalendar

Ini adalah fitur paling anyar, calendar event-event.

Post Event

Pengguna bisa posting event gratis.

Calendar view

List event-event berdasarkan tahun dan bulan.


Fitur pelengkap

Synchronized Lyric

Tampilan lirik line-by-line sesuai dengan playback time.

Artist Highlighted

Bentuk penghargaan terhadap musisi independen lokal berkualitas. Setiap bulan WolvCast akan memilih empat artis yang layak menduduki posisi ini, dan menempatkan mereka pada bagian teratas halaman utama (Home) aplikasi.

Most Listened

Menampilkan deretan lagu yang paling banyak didengarkan oleh pengguna. WolvCast akan mencatat ketika pengguna memutar sebuah track lagu, dan melakukan kalkulasi serta update berapa banyak track lagu tersebut sudah didengarkan oleh pengguna.

Most Rated

Bentuk penghargaan dari pengguna terhadap artis atas hasil karya mereka. Fitur ini menampilkan deretan lagu yang paling banyak mendapatkan rating dan komentar dari pengguna

My Bookmarks

Fitur ini berupa halaman pribadi pengguna, dimana masing-masing pengguna bisa membuat list lagu favorit mereka.

Search & Auto Suggestion

Fitur pencarian lagu berdasarkan nama artis atau judul lagu yang dilengkapi dengan auto-suggestion.

Deteksi Earphone/Headphone

Fitur ini berguna dalam hal kontrol volume. Umumnya pengguna mendengarkan lagu menggunakan earphone/headphone dengan volume keras, fitur ini mencegah volume suara “meledak” dan berisik saat pengguna mencabut kabel earphone/headphone pada saat track lagu masih berputar.

Apabila pengguna mencolokkan earphone/headphone, track lagu akan tetap diputar. Namun apabila pengguna mencabut earphone/headphone, WolvCast akan otomatis pause track lagu yang sedang diputar dan menunggu interaksi pengguna menekan tombol “Play.”

Background Player dan Notifikasi

Sebagai pemutar lagu, WolvCast dapat berjalan di background. Dalam artian, apabila pengguna sedang memutar sebuah track lagu kemudian keluar dari aplikasi dan mengunci layar perangkat, track lagu tersebut akan tetap dapat dinikmati. Untuk kembali ke tampilan “Player”, pengguna bisa klik notifikasi.

WolvCast didesain tidak akan mengganggu fungsi utama sebuah perangkat, yang mana sebagai alat komunikasi. Apabila ada panggilan masuk, notifikasi pesan, ataupun notifikasi lainnya, track lagu yang sedang diputar otomatis pause dan membiarkan nada dering tersebut berbunyi. Apabila nada dering dan/atau proses pembicaraan di telepon selesai, maka WolvCast secara otomatis melanjutkan memutar track lagu tersebut.